Kamis, 17 Januari 2013

5 Makanan Super untuk Ibu Baru Melahirkan

5 Makanan Super untuk Ibu Baru Melahirkan

Wanita yang baru melahirkan wajib menjaga asupan makanannya untuk mempercepat pemulihan tubuh sekaligus menjaga supaya produksi ASI selalu lancar. Berikut adalah 5 jenis makanan yang disarankan untuk membuat ibu baru selalu berenergi.

1. Konsumsi serat
Perbanyaklah konsumsi serat, selain membuat perut lebih lama kenyang, serat yang cukup bisa mencegah konstipasi. Seperti diketahui hormon-hormon menyusui menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga proses buang air besar menjadi sulit. Konsumsi buah, sayuran, sereal tinggi serat, atau yogurt yang mengandung bakteri baik.

2. Telur
Rutin sarapan dengan telur ternyata bisa mempercepat proses penurunan berat badan pasca melahirkan. Penelitian menunjukkan, sarapan dengan telur bisa membuat kita mengasup kalori lebih sedikit saat makan siang atau makan malam. Telur juga mengandung kolin, nutrisi penting untuk membangun pusat memori di otak bayi. Dengan menyusui, Anda bisa mentransfer nutrisi penting bagi si buah hati.

3. Daging sapi
Daging sarat akan kandungan zat besi dan zinc, dua mineral penting untuk mengembalikan energi dan meningkatkan produksi ASI.

4. Salmon
Ikan salmon populer karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta perkembangan otak bayi dan fungsi penglihatannya.

5. Bayam
Bayam adalah sayuran hijau yang mengandung nutrisi penting untuk setiap ibu baru, yakni asam folat yang penting untuk pembentukan sel darah merah, sangat penting terutama untuk ibu yang kehilangan banyak darah saat persalinan. Nutrisi penting lain dalam bayam adalah mangan, yang membantu pembentukan tulang, tulang rawan, serta kolagen, yang diperlukan untuk mempercepat pemulihan pasca operasi caesar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar